Daulat Siregar, M.Pd., M. Si.
Kepala Sekolah Indonesia Davao

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Allah S.W.T, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi Muhammad S.A.W. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dalam setiap aktiftas dan kegiatan… Aamiin Yaa Robbal ‘alamiin.

Globalisasi teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat, dapat dipastikan bahwa negara yang menguasai teknologi dan informasi akan terus dapat bersaing di tingkat Internasional. Untuk menjawab tantangan globalisasi tersebut lembaga pendidikan harus beradaptasi agar dapat menghasilkan generasi unggul melalui berbagai terobosan baru dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing global.

Sekolah Indonesia Davao (SID) merupakan Embassy School bernaung di bawah Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Davao City, Filipina. SID hadir untuk memenuhi kebutuhan peningkatan  kualitas Warga Negara Indonesia yang berada di Filipina untuk Tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Keberadaan SID telah dirasakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Filipina khususnya di Davao City, Pulau Mindanao. Warga Negara Indonesia Persons of Indonesian Descent (PID’s) yang berada di Kepulauan Mindanao sampai saat ini tercatat 2.842 orang mereka telah menetap beberapa keturunan di wilayah Filipina. Dengan menerapkan sistem Boarding school untuk memfasilitasi peserta didik yang jauh dari Davao City untuk tinggal diasrama.

Sekolah Indonesia Davao menyelenggarakan pendidikan gratis namun berkualitas berdaya saing global dengan menanamkan nilai-nilai Visioner, Agility, Reselience, Innovative, dan memiliki kepribadian yang dapat diteladani serta memiliki keseimbangan kecerdasan intelektual, emosional, physical, sosial, dan spritual.

Hal tersebut dapat tercapai dengan menerapkan berbagai pendekatan, metode pembelajaran berorientasi pada High Order Tinking Skill serta berfokus kepada meningkatkan keterampilan critical and problem solving skills,  collaboration skills, communication skills, and  creativity and innovation skills (4C) sehingga rasa nasionalisme dan Karakter Pancasila tetap melekat dan semakin kuat dalam kepribadian Alumni SID.

Seperti kata Presiden R.I pertama Bapak Ir. Soekarno: “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”  Sekolah Indonesia Davao mendorong peserta didik untuk dapat meraih cita-cita setinggi mungkin dengan bekal kapasitas leadership yang baik, dilatih melalui berbagai program ekstrakurikuler serta life skill sesuai dengan minat dan bakatnya. SID juga memberikan dukungan kepada alumni WNI PID’s untuk melanjutkan pendidikan S-1 di Indonesia berbeasiswa yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mari kita mewujudkan harmoni berbangsa dan bernegara dengan senantiasa berusaha dan belajar sepanjang hayat agar cita-cita masyarakat adil dan makmur dapat tercapai. Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum wr wb. SID… Juara!!!!

Kepala Sekolah SID,

Daulat Siregar, M.Pd., M.Si