Davao City- 2 Februari 2022 telah dilaksanakan kegiatan Inspirational Talk di Sekolah Indonesia Davao (SID). Program Inspirational Talk ini merupakan salah satu program dari KJRI Davao City khusus untuk memberikan inspirasi siswa/i SID dengan nara sumber dari home staff dan pejabat KJRI Davao City. Kegiatan ini dilaksanakan rutin pada minggu pertama, dimana yang pada bulan Februari ini merupakan kali kedua siswa/i SID mendapat kelas inspirasi dari Konsul Jenderal RI Davao City Bapak Dicky Fabrian selaku pemateri utama yang memberikan materi motivasi.

Pada beberapa waktu lalu siswa/i SID mendapat inspirasi dari Bapak Konjen RI seputar kisah perjuangan beliau dalam meraih kesuksesan. Diceritakan bahwa untuk mendapatkan takdir terbaik, sebagai manusia wajib berusaha dan berdoa. Sedangkan kali ini materi yang disampaikan dengan tema Long Journey to Become a Diplomat from Zero to Hero.

Pesan yang tersirat bagi peserta didik di SID adalah agar mereka  dapat memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan belajar di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Siswa/i SID didorong untuk meningkatkan credit value dalam di bidang bahasa asing yaitu penguasaan Bahasa Tagalog, Visaya, Inggris, ditambah dengan lima bahasa resmi PBB lainnya.

Semua pencapaian yang beliau peroleh, tidak mulus begitu saja, namun melalui perjalanan panjang yang tentu ada rintangan, dan pastinya melalui jalan pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi diplomat, pasti akan menjumpai suka dan duka. โ€œSenangnya menjadi diplomat adalah selain bisa pergi ke luar negeri, di sisi lain pengetahuan dan pengalaman akan bertambah, termasuk di bidang budaya dari berbagai negara tempat bertugas. Dukanya, juga berimbang seperti misalnya bila bertugas di negara yang rawan konflik, tidak begitu ramah untuk ditinggali, dll. Namun, apapun itu seorang diplomat harus dapat menjalani tugasnya dengan baik. Kalau Bapak Dicky bisa jadi diplomat, maka anak-anakku (siswa/i SID) juga pasti bisa. We did it. SID. Berkarakter! SMART! Juara!โ€ sambung Pak Konjen Dicky menutup materi Inspirational Talknya.

Selain kegiatan Inspirational Talk, dilakukan pula kegiatan apresiasi Konjen RI Davao City terkait program โ€œBapak/Ibu Amongโ€. Program โ€œBapak/Ibu Amongโ€ ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa/i SID yang berdomisili di asrama untuk mendapatkan dukungan semangat dan motivasi dari orang tua asuh mengingat kondisi mereka yang jauh dari keluarga. Dalam hal ini yang menjadi โ€œBapak/Ibu Amongโ€ adalah para home staff KJRI Davao City, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan di SID, dimana masing-masing mereka mendapat 4-5 siswa/i among. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa lebih terarahkan dalam perjalanan mereka mencapai cita-cita.

Kepala SID Daulat Siregar menambahkan, bahwa melalui kegiatan โ€œBapak/Ibu Amongโ€ peran orang tua dari siswa/i SID yang berada di asrama bisa didapatkan dari Bapak/Ibu Among mereka. โ€œMelalui Bapak/Ibu Among kita bisa bekerja sama dalam mengawasi perkembangan siswa/i anak bangsa keturunan WNI di Mindanao Selatan dengan lebih baik. Selain itu hubungan sosio-emosional antara guru-guru SID dan siswa dapat meningkat. Siswa/i diharapkan bisa mendapat pendidikan karakter budaya keindonesiaan dari Bapak/Ibu Among mereka,โ€ jelas Kepala SID.

Di kesempatan yang sama yaitu kegiatan meningkatkan motivasi dan semangat siswa/i untuk meraih cita-cita, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Manila, Aisyah Endah Palupi menyampaikan bahwa siswa/i SID, utamanya kelas XII harus memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. โ€œSiswa/i SID harus mempunyai daya juang dan tekad yang kuat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan,โ€ jelas Atdikbud saat memberi motivasi. Lebih dari itu, Atdikbud juga menjembatani beasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi di Indonesia bagi alumni SID berprestasi dan kurang mampu, serta menfasilitasi tiket penerbangan ke Indonesia bila tidak diadakan oleh universitas pemberi beasiswa. Beberapa alumni SID sudah menerima motivasi dan difasilitasi oleh Atdikbud tersebar di beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Lambung Mangkurat-Kalimantan (11 orang), Piksi Ganesha-Bandung (8 orang), Universitas Negeri Manado (4 orang), dan IAIN Surakarta (6 orang).

#MerdekaBelajar

#BersamaHadapiCorona

#DemiKemajuan

Daftar Nama Penerima Beasiswa dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan:

Universitas Lambung Mangkurat-Kalimantan:

  1. Bryan Manansang
  2. Christian Adilang
  3. Arnel Masoa
  4. Chrisanto Burongan
  5. Telma Dumaha
  6. Princess Fernanda Panggelawan
  7. Erika Manansang
  8. Arnold Dengah
  9. Princess Mendome
  10. Jurumai Domaha
  11. Hermina Sarapil

Piksi Ganesha-Bandung

  1. Chrisell Ann Burongan
  2. Mariel Sasubo
  3. Maykie Jane Kaletuang
  4. Reynaldi Esau Longdong
  5. Cessia Tumandung
  6. Je-Ann Mahalong
  7. Marsilyn Tondonaung
  8. Martinica Tondonaung

IAIN Surakarta

  1. Reymond Macpal
  2. Marlon Cortez
  3. Sitihajah Mombas
  4. Ailyn Sarapil
  5. Hasria Sarapil
  6. Sanny Mombas

Universitas Negeri Manado

  1. Herlijin Pangumpia
  2. Jerlyn Manis
  3. Vilma Mendome
  4. Joshua Barahama
๐™„๐™ฃ๐™จ๐™ฅ๐™ž๐™ง๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ค๐™ฃ๐™–๐™ก ๐™๐™–๐™ก๐™  ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐’๐ข๐ฌ๐ฐ๐š-๐’๐ข๐ฌ๐ฐ๐ข ๐’๐ž๐ค๐จ๐ฅ๐š๐ก ๐ˆ๐ง๐๐จ๐ง๐ž๐ฌ๐ข๐š ๐ƒ๐š๐ฏ๐š๐จ (๐’๐ˆ๐ƒ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *